Bantuan
Kebijakan Privasi
Kebijakan Privasi ini diperbarui pada April 30, 2024.
Kebijakan privasi ini (“Kebijakan Privasi”) membuat Anda dapat memahami dengan lebih baik bagaimana PT. CLARINDOTAMA PERDANA, distributor Clarins di Indonesia, memproses data pribadi Anda ketika Anda menghubungi kami atau menggunakan situs web ini (secara bersama disebut “Layanan” kami).
Kebijakan Privasi ini dapat diperbarui setiap saat oleh kami. Setiap perubahan pada Kebijakan Privasi ini akan dipublikasikan pada halaman ini dan, jika berlakukan, akan diberitahukan kepada Anda. Kami mengajak Anda untuk melihatnya kembali secara berkala.
Anda dapat mengunduh dan mengarsipkan dokumen ini dalam format PDF dengan mengklik di sini. Untuk membuka berkas PDF, Anda akan membutuhkan Adobe Reader gratis (bisa diunduh dari www.adobe.com/id_id/) atau perangkat lunak serupa yang mendukung format PDF.
1 Siapa kami?
PT. CLARINDOTAMA PERDANA (“Clarins”, “kami”), dengan kantor terdaftar n° 21606, yang terletak di Rukan Garden House, Jalan Pantai Indah Kapuk Boulevard, Blok B No. 20 Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Indonesia adalah pengontrol data kecuali dinyatakan lain.
2 Data apa yang kami kumpulkan tentang Anda?
Kami terutama dapat mengumpulkan data pribadi berikut yang dapat mengidentifikasi Anda secara langsung atau tidak langsung:
- informasi tentang identitas Anda, khususnya gender, nama belakang, nama depan, alamat, nomor telepon, alamat email, nama pengguna dan kata sandi, tanggal lahir, atau usia;
- informasi tentang metode pembayaran Anda, khususnya nomor kartu kredit Anda dan tanggal kedaluwarsanya;
- informasi tentang transaksi komersial kami, khususnya nomor transaksi, riwayat pembelian Anda, permintaan atau komunikasi Anda dengan tim Layanan Pelanggan kami, preferensi dan minat Anda, atau informasi tentang salah satu program loyalitas pelanggan kami;
- informasi konten seperti foto, video, penilaian, ulasan, komentar;
- informasi mengenai wellness atau kesehatan (masalah kecantikan, jenis kulit, sensitivitas kulit, kontraindikasi, laporan efek yang tidak diinginkan, dsb.) yang berlaku atas persetujuan tertulis Anda sebelumnya, khususnya untuk kosmetovigilans atau ketika meminta resep produk kecantikan Clarins atau perawatan Clarins di salah satu Spa kami;
- informasi tentang akun media sosial (nama pengguna, jenis kelamin, gambar profil, informasi caption, lokasi, dsb.), unggahan, dan posting-an Anda ketika Anda membagikan konten atau menggunakan hashtag #clarins atau hashtag lain yang kami tawarkan;
- rekaman percakapan telepon untuk menawarkan kualitas layanan yang terbaik;
- informasi teknis, khususnya alamat IP Anda atau informasi tentang bagaimana perangkat Anda bernavigasi di situs web kami;
- informasi lainnya yang Anda sediakan ketika Anda menghubungi kami, atau yang telah kami terima dari penyedia informasi eksternal.
Dalam sebagian besar kasus, kami mengumpulkan data pribadi ini secara langsung dari Anda, seperti ketika Anda membeli dari kami, mengunjungi salah satu Layanan kami, atau menghubungi kami untuk tujuan apa pun. Kami juga dapat mengumpulkan data pribadi (misalnya, alamat email atau nomor telepon) dari pihak ketiga yang telah Anda berikan persetujuan untuk membagikan informasi pribadi tentang Anda kepada kami.
Pemberian data pribadi yang dinyatakan dalam Kebijakan ini bersifat wajib, kecuali dinyatakan lain. Jika Anda tidak menyediakan data pribadi tersebut kepada kami, kami mungkin tidak dapat menyediakan Anda sebagian atau seluruh produk atau Layanan kami atau membuat perjanjian dengan Anda.
3 Mengapa data Anda dikumpulkan dan dengan dasar hukum apa?
Kami dapat mengumpulkan data pribadi Anda untuk tujuan berikut:
Tujuan pemrosesan | Dasar hukum |
---|---|
1. Administrasi dan peningkatan situs web. | Kami mempunyai kepentingan yang sah untuk meningkatkan situs web kami demi memberikan Anda pengalaman pelanggan yang ditingkatkan ketika Anda menggunakannya. |
2. Mengelola hubungan bisnis kami dengan Anda: (proses pesanan, pengiriman, faktur, layanan purnajual, dsb.) dan menyediakan Layanan kami di salah satu toko/spa kami atau sejumlah titik penjualan yang disetujui dari jaringan distribusi. | Pemenuhan kewajiban atas kontrak yang Anda buat bersama kami. |
3. Mengelola akuntansi kami. | Kewajiban hukum kami di bawah peraturan nasional (kewajiban pajak, kewajiban akuntansi, dsb.). |
4. Memproses donasi Anda. | Persetujuan Anda untuk berkontribusi pada aksi kami di berbagai bidang, khususnya untuk mendukung penelitian di bidang kesehatan. |
5. Mengelola keanggotaan Anda pada program Loyalitas Pelanggan kami atau partisipasi dalam permainan atau perlombaan. | Pemenuhan kewajiban atas kontrak yang Anda patuhi ketika mendaftar ke program kami atau ketika berpartisipasi dalam suatu acara. |
6. Melakukan kegiatan pemasaran:
|
Persetujuan Anda untuk menerima komunikasi pemasaran ketika persetujuan tersebut diwajibkan oleh undang-undang. Kepentingan sah kami untuk menanggapi preferensi dan minat Anda dengan lebih baik. |
7. Mengelola pembuatan dan penggunaan akun Anda dan membuat Anda memperoleh manfaat dari pengalaman pelanggan terpersonalisasi, tampilan data pribadi yang terpadu (misalnya, informasi yang dikumpulkan di titik penjualan, oleh Layanan Pelanggan kami atau selama kegiatan promosi, ketika Anda membuat daftar keinginan (wishlist). Anda juga dapat menempatkan pesanan menggunakan opsi Konfirmasi Tamu. | Pemenuhan kewajiban atas kontrak yang dihasilkan dari penerimaan Anda terhadap Syarat & Ketentuan kami yang mengatur pembuatan dan penggunaan akun Anda. |
8. Menyediakan layanan yang Anda minta, misalnya Coba Virtual (Virtual Try On). | Persetujuan Anda untuk menggunakan fitur ini. |
9. Melakukan analisis deskriptif, preskriptif, dan prediktif, mengukur pengalaman pelanggan, dan memberi masukan kepada Departemen Litbang kami. | Kami mempunyai kepentingan yang sah untuk memahami dengan lebih baik pelanggan dan pasar tempat kami beroperasi dan mengambil keputusan berdasarkan informasi. |
10. Menentukan bagaimana Anda mengevaluasi produk kami berdasarkan interaksi sosial ketika Anda membagikan konten kepada kami di media sosial, bereaksi pada posting-an kami, dan memberikan pendapat Anda. | Persetujuan Anda untuk membagikan pendapat Anda tentang produk kami. |
11. Membantu kami menyesuaikan dan meningkatkan konten dan Layanan kami, memberikan iklan bertarget, mengukur kinerja konten dan Layanan di situs web kami dan mitra
kami, termasuk media sosial, membagikan konten mengenai produk kami di media sosial
atau bereaksi pada posting-an kami, menyediakan fitur coba virtual, mendeteksi dan mencegah penipuan menggunakan cookie dan pelacak lainnya.
Untuk rincian lebih lanjut, mohon lihat Bagian 8. |
Persetujuan Anda terhadap cookie nonesensial sebagaimana ditetapkan dalam Bagian 8. |
12. Memproses permintaan dan keluhan Anda. | Kepentingan sah kami untuk mengelola permintaan dan keluhan Anda, serta meresponsnya. |
13. Mendeteksi dan mencegah penipuan ketika menggunakan Layanan kami.
Solusi deteksi penipuan yang kami gunakan dapat diotomatisasi tetapi akan melibatkan intervensi manusia. Ketika kami menggunakan solusi deteksi penipuan terotomatisasi, kami terlibat dalam pemrosesan data pribadi Anda dengan tujuan mengidentifikasi aktivitas penipuan atau mengamankan pembayaran dan mengambil keputusan terotomatisasi terkait hal ini. Logika pengambilan keputusan terotomatisasi ini bergantung pada penerapan model dan aturan analisis penipuan pada proses bisnis kami untuk menentukan apakah suatu tindakan berpotensi penipuan. Pemrosesan ini dapat menyebabkan konsekuensi hukum yang berkaitan dengan Anda atau memengaruhi Anda secara serupa dan signifikan, dan secara khusus kami dapat menolak untuk membuat perjanjian dengan Anda, yang tunduk pada analisis keputusan terotomatisasi. |
Kepentingan sah kami untuk mencegah penipuan online sehubungan dengan pembelian produk dan Layanan kami di Situs Web kami. |
14. Mengelola efek tak diinginkan terkait penggunaan produk kami (Kosmetovigilans), melakukan studi terkait keamanan penggunaan produk kami, dan melaksanakan hak Anda (menyimpan daftar penarikan persetujuan). | Kewajiban hukum kami di bawah undang-undang produk kosmetik. |
15. Merespons permintaan Anda ketika Anda melaksanakan hak perlindungan data untuk subjek data Anda. | Kewajiban hukum kami di bawah undang-undang perlindungan data nasional. |
16. Melakukan kegiatan perekaman panggilan telepon ketika Anda menghubungi layanan pelanggan kami. | Kepentingan sah kami untuk menawarkan kualitas layanan terbaik kepada Anda. |
17. Mentransfer data pribadi Anda dalam hal merger, akuisisi, strukturisasi ulang, atau penjualan bisnis kami. | Kepentingan sah kami untuk mengembangkan kegiatan bisnis kami, yang dapat mengakibatkan transfer dari sebagian atau semua data pribadi Anda. |
18. Menetapkan hak kami atau melindungi diri kami terhadap perselisihan apa pun yang mungkin timbul. | Kepentingan sah kami untuk menegaskan, melaksanakan, dan/atau melindungi hak kami dan memastikan kelangsungan bisnis kami. |
19. Kepatuhan dan proses hukum. | Keharusan untuk mematuhi kewajiban hukum kami. |
4 Apakah kami mengungkapkan data Anda?
Kami tidak pernah menjual maupun menyewakan data pribadi Anda kepada perusahaan lainnya untuk tujuan pemasaran atau tujuan lainnya. Untuk tujuan yang dicantumkan di atas dan, berdasarkan kebutuhan untuk mengetahui, kami dapat membagikan data pribadi Anda kepada:
- Karyawan yang berwenang: Karyawan kami dapat memiliki akses ke data pribadi Anda berdasarkan kebutuhan untuk mengetahui sebagai bagian dari pekerjaan mereka.
- Perusahaan grup Clarins Lainnya: Clarins adalah grup internasional yang beroperasi di banyak negara. Data pribadi yang kami kumpulkan tentang Anda akan digunakan oleh kami dan dapat dikomunikasikan untuk tujuan yang dinyatakan dalam Kebijakan Privasi ini kepada perusahaan grup Clarins dengan dasar kasus per kasus serta sesuai kebutuhan dan khususnya kepada Clarins, perusahaan induk di Prancis, dan kepada Clarins Pte. Ltd. di Singapura. Hal ini dapat melibatkan data pribadi Anda dikomunikasikan di luar yurisdiksi tempat tinggal Anda dimana data pribadi dapat diakses oleh pihak berwenang setempat sesuai dengan undang-undang di yurisdiksi tersebut. Setiap perusahaan tersebut juga dapat memproses dan menggunakan data pribadi Anda untuk tujuan yang dinyatakan dalam Kebijakan Privasi ini secara terpisah dan atas nama masing-masing perusahaan tersebut. Untuk mempelajari selengkapnya tentang grup Clarins dan lokasi, kunjungi situs web korporat kami.
- Penyedia layanan: Kami dapat menggunakan penyedia layanan yang dipilih atas keahlian dan keandalannya serta untuk bertindak sebagai pemroses data, pengontrol data terpisah, atau pengontrol bersama dengan kami, untuk membantu kami terutama dalam kegiatan pemrosesan dan pemenuhan pesanan, pembayaran yang aman, donasi, pengelolaan layanan pelanggan, pemeliharaan dan pengembangan teknis, penilaian dan ulasan, coba virtual, konsultasi kecantikan, analitik, pencegahan spam, pengelolaan kampanye digital dan afiliasi, pencegahan kecurangan, dsb. Penyedia layanan ini menggunakan data pribadi Anda hanya hingga sejauh yang diperlukan untuk melaksanakan layanannya atau atas nama kami atau untuk mematuhi ketentuan hukum dan kami berupaya untuk memastikan bahwa data pribadi Anda selalu dilindungi.
- Penasehat eksternal: Kami membagikan data Anda kepada penasehat eksternal kami seperti pengacara dan auditor jika diperlukan demi tujuan kepentingan kami yang sah atau demi kepatuhan terhadap kewajiban hukum kami.
- Otoritas publik: Kami juga dapat mengirimkan data pribadi Anda kepada pihak berwenang setempat jika diwajibkan oleh undang-undang atau sebagai bagian dari investigasi dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
- Pihak ketiga lainnya: Dalam hal penjualan, merger, konsolidasi, likuidasi, reorganisasi, atau akuisisi.
5 Mengapa kami mentransfer data pribadi Anda?
Sebagian penyedia layanan kami atau perusahaan grup Clarins dapat berada di luar Indonesia atau di luar Area Ekonomi Eropa (European Economic Area/EEA), termasuk di negara yang tidak menyediakan tingkat perlindungan data yang sama dengan di negara tempat Anda tinggal (misalnya, Amerika Serikat) dan informasi pribadi Anda dapat diakses oleh pihak berwenang setempat sesuai dengan undang-undang di yurisdiksi setempat. Dalam kasus tersebut, kami memastikan bahwa:
- kami membuat perjanjian transfer data yang sesuai dan patuh pada Klausul Kontraktual Standar (Standard Contractual Clauses) yang diadopsi oleh Komisi Eropa (European Commission);
- kami mengandalkan Aturan Perusahaan yang Mengikat (Binding Corporate Rules/BCR) dari penyedia layanan kami yang disetujui oleh otoritas berwenang, jika berlaku;
- transfer tersebut diperlukan demi memenuhi tujuan dan berbasis pada dasar hukum yang dijelaskan di Bagian 4 dari Kebijakan Privasi ini.
Sejauh dimana memungkinkan, kami telah memberi tahu pihak berwenang terkait di negara tempat kami berkedudukan, serta subjek data sebelum dan/atau sesudah transfer data pribadi. Selain itu, jika diperlukan, kami telah menerapkan langkah-langkah tambahan (kontraktual, teknis, atau organisasional) untuk memastikan keabsahan transfer.
Sejauh yang ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku, Anda berhak untuk menghubungi kami demi meminta informasi lebih lanjut tentang perlindungan keamanan yang telah kami terapkan guna memastikan perlindungan yang memadai terhadap data pribadi Anda ketika ditransfer sebagaimana disebutkan di atas.
6 Bagaimana kami melindungi data Anda?
Clarins mengambil langkah-langkah teknis dan organisasional yang sesuai, sehubungan dengan sifat data dan risiko, untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi Anda dan, khususnya, untuk mencegah perubahan, pengungkapan, atau pengiriman data kepada pihak yang tidak berwenang.
Hal ini dapat meliputi berbagai praktik seperti akses terbatas oleh anggota staf yang, berdasarkan atas tanggung jawab mereka, diberi wewenang untuk mengakses data, jaminan kontraktual dari penyedia pihak ketiga, penilaian dampak privasi ketika diperlukan, kajian internal terhadap praktik dan kebijakan privasi, dan/atau penerapan langkah-langkah keamanan fisik dan/atau sistematik kami (akses yang aman, proses autentikasi, pencadangan, antivirus, firewall, pseudonimisasi, enkripsi, dsb.).
7 Apa kebijakan kami tentang anak di bawah umur?
Kami tidak mengumpulkan maupun memproses secara sengaja data pribadi dari anak di bawah umur.
Jika kami mengetahui adanya pengumpulan dan pemrosesan data tersebut, kami akan segera mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk menghubungi orang tersebut dan menghapus data pribadi ini dari server kami dan/atau server milik penyedia layanan kami.
8 Apa kebijakan cookie kami (dan teknologi pelacakan lainnya)?
Cookie atau pelacak lainnya (misalnya, tag piksel, pengidentifikasi unik, atau sidik jari, dsb.) merujuk pada semua mekanisme yang ditujukan pada penyimpanan informasi di perangkat Anda, atau pengaksesan informasi yang sudah disimpan di perangkat Anda.
Cookie atau pelacak merujuk pada semua mekanisme yang ditujukan pada penyimpanan informasi di perangkat Anda, atau pengaksesan informasi yang sudah disimpan di perangkat Anda.
Ketika Anda mengunjungi situs kami untuk kali pertama, kami memberitahukan tujuan pelacak yang digunakan serta identitas mitra kami kepada Anda agar Anda dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi terkait hal ini.
Kami meminta persetujuan tersurat Anda sebelum menyimpan dan/atau membaca pelacak di perangkat Anda. Anda tidak diwajibkan untuk menyetujui penggunaan cookie atau pelacak kami, tetapi jika Anda menolak untuk memberikan persetujuan terhadap penggunaan cookie atau pelacak tertentu yang, kecuali ketika tujuan utamanya adalah untuk mengizinkan atau memfasilitasi penggunaan situs kami atau ketika secara tegas diperlukan untuk menyediakan akses ke situs web kami atau ke layanan yang diminta secara tersurat oleh Anda, kami mungkin tidak dapat menyediakan akses atau layanan tersebut kepada Anda.
Pelacak digunakan di situs kami terutama untuk:
- menganalisis navigasi Anda, mengukur kinerja situs kami, dan meningkatkan kualitas layanan kami;
- menampilkan iklan terpersonalisasi sesuai dengan penelusuran dan profil Anda;
- mempersonalisasi konten editorial situs kami sesuai dengan penggunaan Anda atau mempersonalisasi tampilan produk dan layanan kami berdasarkan kebiasaan penelusuran yang terkait dengan perangkat Anda;
- mengaktifkan fitur tambahan di situs kami;
- memantau dan mencegah kegiatan penipuan, memperbaiki kesalahan, dan memastikan keamanan situs kami.
Anda dapat mengubah preferensi Anda setiap saat:
- Anda dapat mencari tahu bagaimana cara mengubah preferensi pelacakan di menu bantuan dari peramban Anda;
- platform Youronlinechoices memungkinkan Anda untuk menolak atau menerima cookie yang digunakan oleh mitra kami.
Mohon perhatikan bahwa menonaktifkan cookie tidak akan mencegah tampilan iklan di perangkat Anda tetapi hanya akan memblokir teknologi yang memungkinkan kami untuk menyesuaikan iklan dengan kebiasaan penelusuran dan minat Anda.
Pertimbangan pilihan Anda didasarkan pada pelacak. Jika Anda menghapus semua cookie yang disimpan di perangkat Anda (via peramban Anda), kami - atau mitra kami - tidak akan lagi bisa menyimpan preferensi Anda.
Secara default, kami menyimpan pilihan Anda (baik persetujuan maupun penarikan persetujuan) selama periode waktu 6 bulan.
Kami juga dapat menggunakan pelacak di email yang kami kirimkan untuk melacak perilaku tertentu yang Anda lakukan seperti membuka email atau mengeklik tautan URL ke halaman di situs kami guna memastikan tanggal interaksi terakhir kita, mengukur kinerja kampanye pemasaran, dan menyediakan konten terpersonalisasi kepada Anda. Anda dapat berhenti berlangganan dari email kami jika Anda tidak ingin penelusuran Anda dilacak dengan cara ini.
9 Bagaimana pengelolaan konten yang Anda bagikan di media sosial menggunakan tagar/ hashtag kami?
Anda dapat memilih untuk menggunakan tagar/ hashtag kami guna menandai konten Anda di media sosial, seperti Instagram, Facebook, atau TikTok.
Dengan menggunakan tagar/ hashtag ini, mohon perhatikan bahwa konten Anda dapat muncul di situs web kami dan digunakan untuk mengarahkan ke produk atau Layanan kami.
Kami mengingatkan Anda bahwa informasi yang Anda bagikan di media sosial dapat dicari, digunakan, dan disimpan oleh orang lain di seluruh dunia, khususnya di negara tanpa peraturan yang menjamin tingkat perlindungan yang memadai terhadap data pribadi Anda sebagaimana ditetapkan di negara tempat Anda tinggal.
Kami juga menyoroti fakta bahwa ketika Anda mengirimkan konten menggunakan salah satu tagar/ hashtag kami, penggunaan media sosial Anda secara eksklusif diatur oleh ketentuan umum di media sosial tersebut. Kami mengundang Anda untuk membacanya dan untuk melihatnya secara rutin.
Jika Anda tidak ingin lagi konten Anda muncul di situs kami, mohon hapus dari media sosial atau berhenti menggunakan tagar/ hashtag tersebut.
10 Seberapa lama data Anda disimpan?
Kami berusaha untuk menyimpan data pribadi Anda hanya selama waktu yang ditentukan untuk tujuan yang dinyatakan dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketetapan hukum yang berlaku.
Sebagai aturan umum, kami akan menyimpan data pribadi Anda hanya selama diperlukan untuk mengelola hubungan kami dengan Anda dan selama durasi kontrak dengan Anda, serta selanjutnya selama periode waktu 30 tahun sejak kontrak berakhir atau periode waktu lainnya sebagaimana diizinkan oleh undang-undang yang berlaku.
Kami juga dapat menyimpan sebagian data pribadi Anda selama periode waktu yang lebih singkat atau lebih lama dalam kasus berikut:
- Ketika Anda menggunakan fitur Coba Virtual di Situs kami, foto yang Anda kirim kepada kami disimpan selama hingga 24 jam dan segera dihapus setelah itu. Jika Anda ingin menggunakan Coba Virtual lagi, Anda akan perlu mengambil foto baru.
- Data pelanggan/calon pelanggan akan disimpan selama 3 tahun sejak tanggal pengumpulan atau setelah kontak terakhir atau akhir hubungan komersial, kecuali ditentang atau diminta untuk dihapus oleh Anda. Pada akhir periode 3 tahun ini, kami dapat menghubungi Anda lagi untuk mengetahui apakah Anda ingin terus menerima informasi pemasaran atau tidak. Jika jawaban positif yang jelas tidak Anda berikan, data Anda akan dihapus atau diarsipkan sesuai dengan ketetapan yang berlaku.
- Data di kartu kredit akan dihapus setelah transaksi atau diarsipkan sebagai alat bukti hingga sejauh yang diizinkan oleh undang-undang yang berlaku. Tunduk pada persetujuan tertulis Anda, data perbankan dapat disimpan hingga tanggal kedaluwarsa kartu kredit. Kami tidak pernah menyimpan kriptogram visual Anda.
- Data yang diperlukan untuk melakukan analisis dan statistik bisnis dapat disimpan hingga 5 tahun.
- Rekaman percakapan telepon dapat disimpan hingga 6 bulan.
- Data untuk membuktikan hak atau kontrak atau yang disimpan di bawah kepatuhan terhadap kewajiban hukum dapat diarsipkan sesuai dengan batas waktu penuntutan terkait yang ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku.
Data pribadi Anda akan dihapus atau dianonimkan tanpa bisa dibatalkan setelah tujuan dipenuhi atau periode penyimpanan telah kedaluwarsa.
11 Apa hak Anda terkait data Anda dan bagaimana cara Anda menghubungi kami?
Sebagai subjek data dan hingga sejauh yang ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku, Anda mungkin mempunyai:
- Hak atas akses: Anda mempunyai hak meminta kami untuk mengonfirmasi apakah kami memproses data pribadi Anda dan, jika demikian, menginformasikan Anda akan karakteristik pemrosesan data pribadi Anda, untuk mengaksesnya, dan untuk memperoleh salinan.
- Hak atas pembetulan: Anda dapat meminta kami untuk mengoreksi atau melengkapi data pribadi Anda jika data tersebut tidak benar atau tidak lengkap.
- Hak atas penghapusan: Anda dapat meminta kami untuk menghapus data pribadi Anda dalam kasus berikut:
- saat data tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulan data;
- Anda telah mencabut persetujuan Anda;
- setelah pelaksanaan hak Anda untuk mengajukan keberatan;
- data pribadi Anda telah diproses secara tidak sah; atau
- untuk mematuhi kewajiban hukum.
- Hak atas pembatasan: Anda dapat meminta kami untuk membatasi pemrosesan data pribadi Anda (yaitu, untuk menyimpannya tanpa menggunakannya) ketika:
- akurasinya diperdebatkan;
- pemrosesannya tidak sah, tetapi Anda tidak ingin data dihapus;
- masih diperlukan untuk pembuatan, pelaksanaan, atau pembelaan atas gugatan hukum;
- kami memverifikasi keberadaan alasan yang meyakinkan sehubungan dengan pelaksanaan hak Anda untuk mengajukan keberatan.
- dengan persetujuan Anda;
- untuk pembuatan, pelaksanaan, atau pembelaan atas gugatan hukum; atau
- untuk melindungi hak orang atau badan hukum apa pun lainnya.
- Hak atas portabilitas data: Anda dapat meminta kami untuk menyediakan data pribadi Anda dalam format yang terstruktur, umum digunakan, dan dapat dibaca mesin, atau Anda dapat meminta agar data tersebut dikirim secara langsung ke pengontrol lain, tetapi hanya jika pemrosesan didasarkan pada persetujuan Anda atau pemenuhan kewajiban atas kontrak bersama Anda dan pemrosesan diotomatisasi.
- Hak untuk menarik persetujuan Anda: Anda dapat menarik persetujuan Anda untuk memproses data setiap saat, jika pemrosesan didasarkan pada persetujuan, tanpa memengaruhi keabsahan pemrosesan yang berdasarkan persetujuan Anda dan dilakukan sebelum penarikan persetujuan Anda.
- Hak untuk mengajukan keberatan terhadap pemrosesan tersebut jika kami mengandalkan kepentingan yang sah untuk memproses data. Dalam hal keberatan tersebut, kami harus menghentikan pemrosesan tersebut kecuali kami dapat menunjukkan alasan yang kuat atas pemrosesan yang mengesampingkan kepentingan, hak, dan kebebasan Anda atau saat kami perlu memproses data demi pembuatan, pelaksanaan, atau pembelaan atas gugatan hukum.
- Untuk email: dengan membuka tautan "berhenti langganan" yang dimuat dalam setiap email kami.
- Untuk panggilan telepon: dengan menyatakan kepada orang yang menghubungi bahwa Anda keberatan atas pemrosesan data pribadi Anda.
- Untuk SMS: dengan membalas "STOP" ke salah satu SMS kami.
- Pengambilan keputusan terotomatisasi: Anda mempunyai hak untuk mengetahui intervensi manusia di pihak pengontrol, untuk menyatakan sudut pandangnya, dan untuk menggugat keputusan tersebut.
Kami tidak diwajibkan untuk menuruti permintaan Anda terkait penghapusan data pribadi Anda, khususnya jika pemrosesan data tersebut diperlukan demi kepatuhan terhadap kewajiban hukum atau untuk pembuatan, pelaksanaan, atau pembelaan atas gugatan hukum.
Kami dapat terus menggunakan data pribadi Anda setelah permintaan untuk pembatasan:
Sehubungan dengan pemasaran langsung, Anda dapat mengajukan keberatan atas kegiatan pemrosesan dengan mengubah preferensi Anda setiap saat di akun Anda, dengan menghubungi kami di alamat di bawah ini, atau dengan cara berikut:
Untuk melaksanakan hak ini, Anda harus mengirim permintaan kepada kami. Jika terdapat keraguan, kami dapat meminta Anda untuk menunjukkan identitas Anda dengan salah satu cara yang sesuai:
- Mengirimkan email berisi permintaan kepada Layanan Pelanggan;
- Dengan menulis surat ke alamat berikut:
PT. CLARINDOTAMA PERDANA
Rukan Garden House
Jalan Pantai Indah Kapuk Boulevard, Blok B No. 20 Kamal Muara
Penjaringan
Jakarta Utara
Indonesia
Anda akan diinformasikan tentang tindakan yang akan diambil sesegera mungkin dan setidak-tidaknya tidak lebih dari satu bulan setelah permintaan Anda. Namun, kami tetap berhak untuk tidak merespons terhadap permintaan yang tidak berdasar atau mengganggu.
- Hak untuk mengajukan pengaduan: Sesuai dengan ketetapan yang berlaku, Anda juga dapat mengajukan pengaduan kepada otoritas berwenang yang bertanggung jawab atas perlindungan data atau mengajukan banding jika data Anda disalahgunakan. Untuk mengidentifikasi otoritas berwenang, mohon lihat Bagian 12 di bawah ini.
Mohon hubungi titik kontak kami untuk perlindungan data di Indonesia apabila Anda mempunyai pertanyaan, komentar, atau kekhawatiran apa pun sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini:
PT. CLARINDOTAMA PERDANA
Petugas Perlindungan Data Rukan Garden House Jalan Pantai Indah Kapuk Boulevard, Blok B No. 20 Kamal Muara Penjaringan Jakarta Utara Indonesia |
12 Persyaratan Spesifik Yurisdiksi
Apendiks 1. Otoritas Pengawas Perlindungan Data nasional yang Berwenang
Indonesia |
Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika (DITJEN APTIKA)
u.p. Layanan Aduan dan Laporan Perlindungan Data Pribadi (PDP) Jalan Medan Merdeka Barat No. 9 Gambir, Jakarta Pusat, 10110 https://aptika.kominfo.go.id https://komin.fo/formaduanPDP |